Random Access Memory (RAM)

21 03 2010

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar-besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pada tahun 1981.

Satuan kecepatan RAM diukur dalam ns (nano seconds). Beberapa tahun lalu RAM muncul dengan kecepatan 120, 100, dan 80 ns. Sekarang ini kecepatannya telah mencapai 6 ns dan terus bertambah cepat. Dari sinilah perkembangan RAM bermula. Pada awal diciptakan, RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77 MHz dengan waktu akses memori (access time) sektiar 200 ns (1 ns = 10-9 detik). Sekitar tahun 1990 kemajuan system operasi seperti windows muncul pada pasaran.

saat itulah dimulainya persaingan RAM. Windows pertama dioperasikan pada PC dengan kapasitas memori berukuran 4 MB dan dapat dialamati kemudian menjadi standard saat itu. RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetic, disk dan drum, dimana gerakan makanikal dari media penyimpanan memaksa komputerr untuk menakses data secara berurutan. Dalam RAM data dapat dibaca dan ditulis (read/write) secara acak (random) oleh pemakai, karena computer menulis data ke dalam memori secara acak.

Pada saat ini kebanyakan RAM berbentuk chip yang berisi transistor-transistor dalam untai flip-flop yang disebut Metal Oxide Semiconductor RAM (MOSRAM), teknologi sebelumnya berbentuk card. Ada dua jenis MOSRAM yaitu RAM statis dan RAM dinamis. Pada RAM dinamis sifatnya seperti kapasitor makin lama makin hilang memorynya. Untuk mencegah hal ini disetiap lokasi memori harus disegarkan kembali (refresh) setiap dua mili detik dengan membaca dan menulis kembali. Lain halnya dengan RAM statis tidak perlu dilakukan refresh.

Pengertian lain RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah computer. Memory internal bisa disebut juga memory utama (main memory) dan memori primer. Komponen ini berfungsi sebagai pengingat. Para vendor IC sering menuliskan kode konfigurasi pada tiap chip seperti 4M x 16, 8M x 8, 16M x 4, 16M x 8, 32M x 8 dan 64M x 8. perkalian itu adalah kode tiap IC yang digunakan pada RAM yang menunjukkan kapasitas dalam satuan Megabit. Angka 8 adalah width (lebar data) dan jumlah semua chip adalah kapasitas total IC tersebut.

Satuan kapasitas RAM harus dalam byte, maka satuan bit harus dikonversikan dahulu dengan rumus 1 byte = 8 bit. (MB = Mega byte, Mb = Mega bit). Jadi IC dengan kode 16M x 8 memiliki kapasitas per-IC sebesar 16 MB. Untuk menghitung kapasitas modul RAM perkeping, maka tinggal menghitung  jumlah IC yang akan digunakan, misalnya 4, 8 atau 16 pcs IC tersebut. Perlu diingat bahwa jumlah minimal IC pada modul adalah 4 pcs dan paling tinggi 16 pcs (dual side) IC.

RAM berfungsi untuk menyimpan program dan data dari pemakai komputer dalam bentuk pulsa-pulsa listrik, sehingga seandainya listrik yang ada dimatikan maka program dan data yang tersimpan akan hilang. Biasanya RAM dapat ditulus dan dibaca berlawanan dengan memori baca saja (read only memory) ram digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan emngubah beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka panjang.

Secara fisik RAM berbentuk seperti sebuah chip yang sangat kecil dan saat ini mampu menyimpan data antara 8 MB hingga 32 GB. Apabila pemakai       komputer ingin menambah kapasitas memory yang dimilikinya, pemakai tinggal  menambahkan chip RAM pada tempat yang telah disediakan. Dengan demikian semakin besar program yang digunakan semakin besar pula tempat yang harus disediakan oleh RAM. RAM terdiri dari sekumpulan chip. Chip-chip mampu untuk menampung data untuk diproses instruksi atau program untuk memproses data. Data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau communication device instruksi system operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari sistem komputer. Struktur dari RAM dibagi menjadi 4 (empat) bagian, yaitu :

1. Input strorage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.

2.  Program strorage, digunakan untuk menyimpan semua intruksi-

intruksi  program yang akan diakses

3. Working strorage, digunakan untuk menyimpan data yang akan

diolah dan hasil pengolahan.
4. Output strorage, digunakan untuk menampung hasil akhir dan

pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

Pada saat komputer dinyalakan, device yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari storage, yaitu Hard Disk (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor. Tetapi prakteknya hal ini sulit dilakukan karena perbedaan teknologi antara Processor & Hard Disk. Processor sendiri adalah komponen digital murni, dan akan memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi P4 saat ini 6,4 GB/s dengan FSB 800MHz). Sedangkan Hard Disk sebagian besar teknologinya merupakan mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth atau Transfer Rate HDD Serial ATA berkisar 150 MB/s). Secara teoritis kecepatan data Processor berkisar 46x lebih cepat dibanding harddisk. Artinya, apabila Processor menunggu pasokan data dari HDD akan terjadi Bottle-Neck yang sangat parah. Untuk mengatasi keadaan itu, diperlukan device Memory Utama (Primary Memory) atau disebut RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data super cepat yang dibutuhkan. RAM berfungsi layaknya seperti HDD Digital, karena seluruh komponen RAM sudah menggunakan teknologi digital. Dengan RAM, maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD. Saat ini RAM DDR2 mempunyai bandwidth 3,2 GB/s (PC400), agar tidak menganggu pasokan maka saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang dapat melipatgandakan bandwidth menjadi dua kali dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. Itu artinya, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel dapat memasok data dalam jumlah ke processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4 GB/s).

Sumber :

Kris. Random Access Memory. http://www.ekik.bloggaul.com

Wiva. RAM. http://www.amaniq.blogspot.com, 01/6/2009


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: